Hubungan Antara Perspective-Taking Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Madya

Chotimah, Azyan Khusnul (2019) Hubungan Antara Perspective-Taking Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Madya. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.docx] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi yang memiliki dampak positif serta negatif bagi remaja.Salah satu
dampak negatifnya adalah perilakucyberbullying. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan antara perspective-taking dengan perilaku cyberbullying
pada remaja madya. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan negatif
antara perspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya.
Penelitian ini dilakukan pada 60 siswa SMA Negeri 2 Banguntapan, yang berusia
15-18 tahun dan aktif menggunakan media sosial.Alat ukur yang digunakan
berupa skala perilaku cyberbullyingdan skala perspective-taking. Metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment dari
Pearson. Hasil koefisienperspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada
remaja madya sebesar (rxy) = - 0.374 yang berarti adanya hubungan negatif
antaraperspective-taking dengan perilaku cyberbullying pada remaja madya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi perspectivetakingterhadap
cyberbullying pada remaja madya memiliki sumbangan efektif
sebesar 14% terhadap perilaku cyberbullying.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Ratna Mustika H, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, perspective-taking, remaja madya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 09:20
Last Modified: 25 Mar 2019 09:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5061

Actions (login required)

View Item
View Item