PROFIL KEPRIBADIAN DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA

Hengki Tenardo, 14081270 (2019) PROFIL KEPRIBADIAN DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of cover dan lampiran.pdf] Text
cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi full.pdf] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara profil kepribadian dan kecanduan game online pada remaja. Pada penelitian ini profil kepribadian akan ditinjau dari teori kebutuhan Murray. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat 11 kebutuhan yang memeliki hubungan positif antara masing-masing kebutuhan dengan kecanduan game online pada remaja dan 4 kebutuhan yang tidak memeiliki hubungan. Subjek dipenelitian ini berjumlah 50 orang yang berusia 12-22 tahun yang bermain game online. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kecanduan game online dan test psikologi Edward personal preference schedule (EPPS). Data dianalisis menggunakan regresi ganda dengan SPSS V.16. Berdasarkan hasil analisis, dari 15 kebutuhan diperoleh hasil 14 kebutuhan tidak memiliki hubungan dengan kecanduan game online pada remaja dan terdapat satu kebutuhan (kebutuhan nurturance) yang memiliki hubungan dengan nilai r = -0,295 dan p = 0,009 (p<0,050). hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kebutuhan nurturance dengan kecanduan game online pada remaja. Sumbangan efektif (R2) yang diberikan oleh variabel kebutuhan terhadap kecanduan game online pada remaja sebesar 47% dan 53% peranan dari faktor lain.
Kata kunci : kecanduan game online, profil kepribadian, kebutuhan, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Kondang Budiyani, S.Psi., M.A, Psikolog (Pembimbing 1) Narastri Insan Utami, S.Psi., M.psi., Psikolog (Pembimbing 2)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:36
Last Modified: 18 Aug 2022 09:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item
View Item