PELATIHAN PENGELOLAAN KEMARAHAN UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS PADA SISWA

Ni Kadek Maharani, 14511014 (2019) PELATIHAN PENGELOLAAN KEMARAHAN UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS PADA SISWA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of bab 1.pdf]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of Cover dan Lampiran Tesis.pdf] Text
Cover dan Lampiran Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS_Ni Kadek Maharani_14511014.pdf] Text
TESIS_Ni Kadek Maharani_14511014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki satu variabel bebas yaitu pelatihan pengelolaan kemarahan, dan satu variabel terikat yaitu agresivitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan exsperimental dengan pretest-posttest design. Jumlah subjek dari penelitian ini sebanyak 14 orang. Pengumpulan data dilakukan langsung pada subjek penelitian, dengan menggunakan Skala Agresivitas dan Skala Pengelolaan Kemarahan. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini. Pertama, ada perbedaan tingkat agresivitas setelah mendapatkan perlakuan pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kedua, ada perbedaan tingkat agresivitas pada kelompok eksperimen antara sebelum pelatihan (pretest) dengan setelah pelatihan (posttest).
Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama diterima.. Hasil analisis statistik dengan Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai Z sebesar -3,141 dengan p sebesar 0,001 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Tingkat agresivitas pada siswa yang mendapat pelatihan pengelolaan kemarahan lebih rendah (mean = 35,14) daripada siswa yang tidak mendapat pelatihan pengelolaan kemarahan (mean = 74,29). Hipotesis kedua diterima.. Hasil analisis data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank menunjukkan nilai Z sebesar -2,414 dengan signifikansi 0,016 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan tingkat agresivitas subjek sebelum dilakukan pelatihan pengelolaan kemarahan dengan setelah dilaksanakan pelatihan tersebut. Tingkat agresivitas pada kelompok eksperimen sebelum pelatihan lebih tinggi (mean = 73,14) dibandingkan setelah pelatihan (mean = 35,14).

Kata Kunci: Pelatihan Pengelolaan Kemarahan, Agresivitas

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si., Psikolog (Pembimbing Utama) Siti Noor Fatmah L., M.Si., Psikolog (Pembimbing Pendamping)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:38
Last Modified: 16 Aug 2022 08:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item
View Item