HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KESESAKAN DENGAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI YOGYAKARTA

Kelvin Ryo Gradiyanto, 15081352 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KESESAKAN DENGAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi kesesakan dengan perilaku aggressive driving pada pengendara sepeda motor . Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada korelasi positif antara persepsi kesesakan dengan perilaku aggressive driving pada pengendara sepeda motor. Subjek penelitian ini adalah pengendara sepeda motor yang dengan usia 17-22 tahun yang berjumlah 115 subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Persepsi Kesesakan dan Skala Aggressive Driving. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,383 p <0,01 yang berarti ada hubungan positif antara persepsi kesesakan dengan aggressive driving. Nilai koefisien determinasi (R Squared) sebesar 0,1466 menunjukkan bahwa variabel persepsi kesesakan memiliki kontribusi sebesar 14,66 % terhadap variabel perilaku aggressive driving pada pengendara sepeda motor dan sisanya 85,34 % dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu usia, jenis kelamin, anonimitas, faktor sosial, kepribadian, gaya hidup, dan tingkah laku pengemudi
Kata kunci: aggressive driving, persepsi kesesakan , pengendara sepeda motor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Kamsih Astuti, M.Si., Psikolog ( Pembimbing I) Juwandi, M.Si (Pembimbing II)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:43
Last Modified: 03 Jul 2019 02:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5522

Actions (login required)

View Item
View Item