PELESTARIAN TRADISI SADRANAN DESA GLAGAHWANGI, KLATEN, JAWA TENGAH (Studi Etnografi Komunikasi Pelestarian Tradisi Sadranan Desa Glagahwangi, Klaten, Jawa Tengah) Tahun 2018

Noviantoro Eko Puspono, 15071004 (2019) PELESTARIAN TRADISI SADRANAN DESA GLAGAHWANGI, KLATEN, JAWA TENGAH (Studi Etnografi Komunikasi Pelestarian Tradisi Sadranan Desa Glagahwangi, Klaten, Jawa Tengah) Tahun 2018. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of BAB PEMBUKA (COVER DAN LAMPIRAN).pdf] Text
BAB PEMBUKA (COVER DAN LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perjalanan budaya di Indonesia yang semakin hari
kian mengkhawatirkan. Pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga budaya dan
tradisi dengan memaknai segala pesan yang terkandung di dalamnya semakin berkurang.
Tentu hal ini menjadi pertanyaan, bagaimana jika budaya ini satu persatu tergeser dan
negara yang telah dikenal dunia sebagai negara yang paling kaya akan budaya ini tidak
lagi menyandang prestisnya. Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama agar apresiasi
budaya tetap terpelihara untuk mencegah budaya lokal tidak tergeser oleh arus
globalisasi, salah satunya adalah tradisi Nyadran yang ada di Desa Glagahwangi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi dan interaksi simbolik
yang terjadi pada tradisi Nyadran. Sehingga dapat diungkapan makna dan pesan-pesan
komunikasi yang terkandung didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus
dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini tidak bermaksud menguji hipotesis tertentu
tetapi menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala atau keadaan. Metode penelitian
yang akan digunakan adalah kualitatif dengan studi etnografi. Peneliti menggunakan 2
(dua) orang informan dalam penelitian. Kerangka konsep penelitian menggunakan
perspektif Dell Hymes (dalam “Etnografi Komunikasi” Engkus Kuswarno, 2008: 42)
dengan dimensi yang dikaji Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan
Komunikasi, Interaksi Simbolik, dan Pelestarian.

Lokasi penelitian berada di Desa Glagahwangi, Klaten, Jawa Tengah. Hasil dari
penelitian menunjukkan beberapa temuan-temuan yang dihasilkan, dengan simpulan dari
penelitian ini bahwa proses komunikasi tradisi dalam setiap rangkaiannya mempunyai
makna yang tersirat, baik itu dari peristiwa, situasi, maupun tindakan yang terjadi selama
upacara berlangsung, serta dari simbol-simbol yang digunakan dalam upacara.Nilai-nilai
yang didapatkan dalam penelitian ini nantinya akan diangkat ke dalam sebuah buku
sebagai bentuk implementasi pelestarian tradisi oleh penulis, serta dengan tujuan untuk
memberikan informasi yang mendetail kepada masyarakat umum tentang pemahaman
bahwa tradisi Nyadran sebagai warisan adat budaya leluhur yang sudah turun-temurun
dan sudah sepatutnya dilestarikan mengingat nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kata Kunci : Makna, Tradisi, Simbol, Tradisi Sadranan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Achmad Oddy Widyantoro, M.Sn
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:53
Last Modified: 03 Jul 2019 02:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item
View Item