Lucia Penky, 16501017 (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH AUTORITATIF DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRACT.pdf
Download (26kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (82kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (153kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (108kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (95kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (27kB) | Request a copy
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (933kB) | Request a copy
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara motivasi belajar dengan
disiplin belajar pada siswa SMK “X” Yogyakarta; 2) hubungan antara persepsi terhadap
pola asuh autoritatif dengan disiplin belajar pada siswa SMK “X” Yogyakarta; 3)
hubungan antara motivasi belajar dan persepsi terhadap pola asuh autoritatif dengan
disiplin belajar pada siswa SMK “X” Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu
cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 258 siswa. Metode yang digunakan
untuk mengumulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala. Analisis data
menggunakan korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian
membuktikan terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan disiplin belajar
pada siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,691 (p<0,01), semakin tinggi
motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula disiplin belajar siswa. Terdapat
hubungan positif antara persepsi terhadap pola asuh autoritatif dengan disiplin belajar
pada siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,360 (p<0,01), pola asuh autoritatif
yang akan dipersepsikan anak tinggi maka disiplin belajar anak tinggi. Terdapat
hubungan antara motivasi belajar dan persepsi terhadap pola asuh autoritatif secara
simultan dengan disiplin belajar siswa, nilai r = 0,690 dengan R square (R2) sebesar
0,472 dan nilai F sebesar 116,052 (p<0,01). Sumbangan efektif motivasi belajar dan
persepsi pola asuh autoritatif orangtua terhadap disiplin belajar sebesar 47,2%. Variabel
lain sebesar 52,8% yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini antara lain faktor internal:
faktor fisiologis (keadaan tonus jasmani, paancaindra), minat, intelegensi, memori,
emosi; faktor eksternal antara lain faktor sosial (guru, teman-teman atau orang-orang di
sekitar), faktor non sosial (keadaan udara, suhu, cuaca; waktu : pagi, siang, atau malam;
tempat : letak dan pergedungannya; alat-alat atau perlengkapan belajar).
Kata kunci: motivasi belajar, persepsi pola asuh autoritatif, disiplin belajar
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Dr. Triana Noor Edwina DS, M.Si |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Sains UMBY |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 05:00 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 05:00 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5576 |