Hubungan Antara Empati Dengan Cyberbullying Pada Remaja Pemain Game Online Mobile Legend : Bang-Bang (Mlbb)

Ulinnuha, Muhammad (2019) Hubungan Antara Empati Dengan Cyberbullying Pada Remaja Pemain Game Online Mobile Legend : Bang-Bang (Mlbb). Naskah Publikasi Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dengan cyberbullying pada remaja pemain game online mobile legend: bang-bang (MLBB). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara empati dengan cyberbullying pada remaja pemain game online MLBB. Semakin tinggi empati yang dimiliki oleh remaja pemain game online MLBB maka kecenderungan perilaku cyberbullying yang dilakukan akan semakin rendah, dan sebaliknya. Subjek penelitian ini adalah remaja pemain game online MLBB, berumur 12-21 tahun sebanyak 98 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Cyberbullying dan Skala Empati. Metode analisis data yang digunakan adalah Pearson Correlation dengan program SPSS v.16. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0.442 dengan taraf signifikansi (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif antara empati dengan cyberbullying pada remaja pemain game online MLBB. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,19 menunjukkan bahwa empati memiliki kontribusi sebesar 19% terhadap perilaku cyberbullying pada remaja pemain game online MLBB, sedangkan sebanyak 81% perilaku tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Empati, Cyberbullying

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Empati, Cyberbullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 01:38
Last Modified: 03 Jan 2020 01:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item
View Item