Pratiwi, Ema Rossyana (2019) Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
naskah publikasi.doc
Download (96kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar
ditinjau dari karakteristik kepribadian. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini adalah ada perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari karakteristik kepribadian
dimana individu dengan kepribadian intravert memiliki kejenuhan belajar yang
lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang memiliki kepribadian ekstravert.
Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa
dengan kepribadian ekstravert dan 25 siswa dengan kepribadian intravert. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Kejenuhan Belajar
dan alat tes MBTI. Hasil analisis Independent Sample T-Test, diperoleh hasil
t=4.553 (p<0.050), berarti ada perbedaan yang signifikan antara Kejenuhan
Belajar pada siswa yang memiliki kepribadian ekstravert dengan siswa yang
memiliki kepribadian intravert. Kejenuhan belajar pada siswa yang memiliki
kepribadian ekstravert lebih rendah (mean = 43.68) dibandingkan kejenuhan
belajar pada siswa dengan kepribadian intravert (mean = 52.12). Berdasarkan
hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima.
Kata kunci: KejenuhanBelajar, Kepribadian, Ekstravert, Intravert
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 06:33 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 06:33 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6214 |