Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Smp X Yogyakarta

Nurbiantari, Dewi (2019) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Smp X Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi PSikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMP X Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat hubungan yang negatif antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMP X Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 87 orang. Pengambilan data subjek penelitian menggunakan teknik purpose sampling dengan menggunakan skala perilaku bullying dan skala persepsi iklim sekolah. Data analisis menggunakan korelasi product moment dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi ( ) sebesar -0,291 dengan p=0,003 (p<0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMP X Yogyakarta. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,084 yang berarti persepsi iklim sekolah memiliki kontribusi sebesar 8,4% terhadap perilaku bullying dan sisanya 91,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti faktor individu yang berkaitan dengan kepribadian, keluarga, dan teman sebaya.
Kata kunci: perilaku bullying, persepsi iklim sekolah, siswa SMP

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:09
Last Modified: 09 Jan 2020 02:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item
View Item