Afif, Akhmad (2019) Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pembelian Impulsif Produk Kuliner Online Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-13.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (47kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan pembelian impulsif produk kuliner online pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara kontrol diri dengan pembelian impulsif produk kuliner online pada mahasiswa di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 93 orang mahasiswa yang melakukan pembelian secara online dengan rentang usia 20-23 tahun. Cara pengambilan subjek dengan mengunakan metode purposive sampling. Pengambilan data mengunakan Skala Kontrol Diri dan Skala Pembelian Impulsif Produk Kuliner Online. Teknik analisis data yang di gunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,781 dengan p = 0,000 (p,<0,005). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kontrol diri dengan pembelian impulsif produk kuliner online. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,611 variabel kontrol diri menunjukkan kontribusi sebesar 61,1% terhadap pembelian impulsif dan sisanya 38,9% berasal dari faktor karakteristik produk, pemasaran dan marketing produk, serta karakteristik konsumen. Diharapkan bagi mahasiswa di Yogyakarta bisa meningkatkan kontrol diri yang dimiliki agar pembelian secara online menjadi pembelian positif.
Kata kunci: kontrol diri, pembelian impulsif, mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontrol diri, pembelian impulsif, mahasiswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 04:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 04:38 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6415 |