PENGARUH PELATIHAN SELF LEADERSHIP TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING GURU SEKOLAH X

Danastri, Kurnia (2019) PENGARUH PELATIHAN SELF LEADERSHIP TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING GURU SEKOLAH X. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Psychological Well Being guru berperan penting untuk perkembangan diri siswa, pengoptimalan bakat dan kemampuan siswa secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Psychological Well Being melalui Pelatihan Self Leadership. Subjek penelitian adalah guru Sekolah X. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group, sedangkan metode pengumpulan data adalah skala Psychological Well Being. Berdasarkan hasil Uji Wilcoxon ditemukan Z = -2.292 (p > 0,010), artinya ada perbedaan tingkat Psychological Well Being pada guru Sekolah X antara sebelum diberikan Pelatihan Self Leadership dengan setelah diberikan Pelatihan Self Leadership. Berdasarkan hasil Uji Mann Whitney ditemukan Z = -3.475 (p < 0,050), artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (KE) dan kelompok kontrol (KK). Kelompok eksperimen (KE) memiliki nilai Psychological Well Being yang lebih tinggi (Mean 13,50) dibandingkan dengan kelompok kontrol (Mean = 5,00). Kesimpulannya adalah Pelatihan Self Leadership menjadi salah satu metode intervensi untuk meningkatkan Psychological Well Being.
Kata kunci: Pelatihan Self Leadership, Psychological Well Being

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Self Leadership, Psychological Well Being
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:43
Last Modified: 19 Dec 2019 03:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6511

Actions (login required)

View Item
View Item