PENGEMBANGAN COMICMATH BERBASIS PENDEKATAN SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN BERWAWASAN NASIONALIS

Zubair, Agus Maemun (2019) PENGEMBANGAN COMICMATH BERBASIS PENDEKATAN SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN BERWAWASAN NASIONALIS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
COVER DAN lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI PENUH] Text (SKRIPSI PENUH)
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran
Comicmath dengan Menggunakan Pendekatan Sejarah Indonesia sebagai upaya
Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Berwawasan Nasopnalis. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development).
Model pengembangan diadaptasi Borg dan Gall. Peneltian ini menghasilkan
media comicmath yang berkualitas layak. Dilihat dari kevalidan oleh ahli materi
dan ahli media,medapatkan skor 4 hasil penilaian yang dengan keterangan “Baik”
media pembelajaran dinyatakan layak dilihat dari kepraktisan berdasarkan hasil
respon siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Yogyakarta, pada uji kelompok kecil
diperoleh keterangan “Sangat Baik” dengan scor 5 sedangkan hasil yang diperoleh
pada uji coba kelompok besar keterangan “Baik” dengan scor 4 dilihat dari
kepraktisan. Dari hasil tes evaluasi diperoleh 100% siswa tuntas KKM dengan
keterangan “Sangat Bagus” dilihat dari keefektifan. Dari hasil Angket minat siswa
diperoleh keterangan “Cukup” dengan scor 3 sehingga media masuk dalam
kategori mampu meningkatkan minat belajar matematika pada siswa, dan dari
angket pengetahuan nasionalis siswa diperoleh keterangan “Baik” dengan skor 4
sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori mampu menambah wawasan
nasionalis siswa. dengan demikian maka hasil penelitian ini menunujukan bahwa
media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori Vallid, Praktis,
Evektif, Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Menambah Nawasan
Nasionalis
Kunci: Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan
nasionalis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan nasionalis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:44
Last Modified: 30 Dec 2019 06:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item
View Item