Zubair, Agus Maemun (2019) PENGEMBANGAN COMICMATH BERBASIS PENDEKATAN SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN BERWAWASAN NASIONALIS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (118kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (135kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (159kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (72kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (19kB) | Preview
COVER DAN lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran
Comicmath dengan Menggunakan Pendekatan Sejarah Indonesia sebagai upaya
Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Berwawasan Nasopnalis. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development).
Model pengembangan diadaptasi Borg dan Gall. Peneltian ini menghasilkan
media comicmath yang berkualitas layak. Dilihat dari kevalidan oleh ahli materi
dan ahli media,medapatkan skor 4 hasil penilaian yang dengan keterangan “Baik”
media pembelajaran dinyatakan layak dilihat dari kepraktisan berdasarkan hasil
respon siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Yogyakarta, pada uji kelompok kecil
diperoleh keterangan “Sangat Baik” dengan scor 5 sedangkan hasil yang diperoleh
pada uji coba kelompok besar keterangan “Baik” dengan scor 4 dilihat dari
kepraktisan. Dari hasil tes evaluasi diperoleh 100% siswa tuntas KKM dengan
keterangan “Sangat Bagus” dilihat dari keefektifan. Dari hasil Angket minat siswa
diperoleh keterangan “Cukup” dengan scor 3 sehingga media masuk dalam
kategori mampu meningkatkan minat belajar matematika pada siswa, dan dari
angket pengetahuan nasionalis siswa diperoleh keterangan “Baik” dengan skor 4
sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori mampu menambah wawasan
nasionalis siswa. dengan demikian maka hasil penelitian ini menunujukan bahwa
media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori Vallid, Praktis,
Evektif, Meningkatkan Minat Belajar Matematika dan Menambah Nawasan
Nasionalis
Kunci: Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan
nasionalis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Comicmath, pendekatan sejarah Indonesia, minat belajar, wawasan nasionalis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 06:44 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 06:44 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6574 |