Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Nurjanah, Ma’ani (2019) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Ma'ani.doc

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika menggunakan aspek-aspek matematis pada tradisi pernikahan Yogyakarta untuk pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Ada tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi statistika berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, tradisi pernikahan Yogyakarta, statistika, kreativitas belajar, prestasi belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, tradisi pernikahan Yogyakarta, statistika, kreativitas belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2020 05:09
Last Modified: 03 Jan 2020 05:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6579

Actions (login required)

View Item
View Item