Dewi, Rima Kusuma (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Matematiga Game Math Challenge Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Dengan Pendekatan Etnomatematika. Naskah Publikasi Program Studi Matematiika.
15141017_RIMA KUSUMA DEWI_JURNAL.docx
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika game math challenge berbasis android pada pokok bahasan bangun datar dengan pendekatan Etnomatematika yang berkualitas baik dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang megacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall. Adapun tahapan model pengembangan borg and gall yaitu : (1) analisis : analisis masalah dan analisis isi media; (2) Pengembangan produk awal : Perancangan design, Implementasi design; (3) Validasi ahli dan revisi produk: Validasi ahli dan revisi ; (4) Ujicoba lapangan : ujicoba lapangan skala kecil dan ujicoba lapangan skala besar; (5) revisi produk dan produk akhir Unsur etnomatematika yang digunakan pada penelitian ini adalah bagian-bagian dari kereta kencana keraton yogyakarta dengan menggunakan aplikasi utama yaitu Adobe Flash CS6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah memenuhi: (1) Aspek kevalidan, (2) Aspek kepraktisan, dan (3) Aspek keefektifan. Sehingga game math challege ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi pokok bangun datar segitiga dan segiempat.
Kata kunci : Pengembangan Media, Android, Etnomatematika, Bangun Datar, Game Math Challenge.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 02:15 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7097 |