Penerapan Model Pembelajaran Matematika Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Godean Pada Materi Segitiga

Fathimah, Andita Nur (2019) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Godean Pada Materi Segitiga. Naskah Publikasi Program Studi Matematiika.

[thumbnail of JURNAL-Andita Nur Fathimah-15141034.docx] Text
JURNAL-Andita Nur Fathimah-15141034.docx

Download (43kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Godean pada materi segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran eliciting activities. Sebelum diadakan siklus, penelitian ini menggunakan prestest posttest yang digunakan untuk mengukur hasil prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I mencapai 71,9% siswa yang tuntas melebihi KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 90,6%. Karena pada siklus II hasil belajar siswa sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka peneliti melakukan pengukuran dengan posttest. Dan hasil belajar meningkat menjadi 100% siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran matematika eliciting activities dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Godean pada materi segitiga.
Kata Kunci: Matematika, Pembelajaran Eliciting Activities, dan Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:09
Last Modified: 22 Oct 2019 02:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item
View Item