Fathimah, Andita Nur (2019) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Godean Pada Materi Segitiga. Naskah Publikasi Program Studi Matematiika.
JURNAL-Andita Nur Fathimah-15141034.docx
Download (43kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Godean pada materi segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran eliciting activities. Sebelum diadakan siklus, penelitian ini menggunakan prestest posttest yang digunakan untuk mengukur hasil prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I mencapai 71,9% siswa yang tuntas melebihi KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 90,6%. Karena pada siklus II hasil belajar siswa sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka peneliti melakukan pengukuran dengan posttest. Dan hasil belajar meningkat menjadi 100% siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran matematika eliciting activities dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Godean pada materi segitiga.
Kata Kunci: Matematika, Pembelajaran Eliciting Activities, dan Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 02:09 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 02:09 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7100 |