Pengaruh Otak Kanan Terhadap Efektivitas Anak Memahami Konsep Matematika

Saputra, Sugeng (2019) Pengaruh Otak Kanan Terhadap Efektivitas Anak Memahami Konsep Matematika. Naskah Publikasi Program Studi Matematiika.

[thumbnail of JURNAL PENGARUH OTAK KANAN TERHADAP EFEKTIVITAS ANAK MEMAHAMI KONSEP.docx] Text
JURNAL PENGARUH OTAK KANAN TERHADAP EFEKTIVITAS ANAK MEMAHAMI KONSEP.docx

Download (56kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan besarnya pengaruh otak kanan terhadap efektifitas anak memahami konsep matematika di SMP Negeri 2 Godean. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan pendekatan Kuantitatif dan desain penelitian ini yaitu posttest only control group design. Dalam penelitian ini, populasi ynag digunakan adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas yaitu VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Adapun kelas eksperimen dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian dan uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa besarnya pengaruhotak kanan berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswaSMP Negeri 2 Godean adalah sebesar 32,8%.

Kata Kunci:Otak Kanan, Efektivitas, Pemahaman Konsep

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:06
Last Modified: 22 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item
View Item