Saputri, Desi Dwi (2019) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (35kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas
dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu
Buana Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang
positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik pada
mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah
mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang berusia 18 tahun sampai 21
tahun dan pernah membeli produk kosmetik yang berjumlah 72 mahasiswi. Alat ukur
yang digunakan pada penelitian ini yaitu Skala Konformitas dan Skala Perilaku
Konsumtif Produk Kosmetik. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik korelasi
product moment. Hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,402 (p < 0,01). Hasil tersebut
menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku
konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi konformitas terhadap
perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Mercu Buana
Yogyakarta memiliki sumbangan efektif sebesar 16,2% dan 83,8% dipengaruhi oleh
faktor lain.
Kata kunci : konformitas, perilaku konsumtif produk kosmetik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 04:22 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 04:22 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7245 |