EFEKTIVITAS PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PERFORMANCE ANXIETY PARA AKTOR YANG MENJALANI PERAN PADA PEMENTASAN TEATER KAMPUS

Kurniawan, Budy Muliana (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PERFORMANCE ANXIETY PARA AKTOR YANG MENJALANI PERAN PADA PEMENTASAN TEATER KAMPUS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V_dst.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan mindfulness efektif untuk menurunkan tingkat performance anxiety para aktor yang menjalani peran pada pementasan teater kampus. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat performance anxiety setelah diberikan pelatihan mindfulness. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang dengan skor performance anxiety dalam kategori tinggi. Skala actor performance anxiety yang digunakan dalam penelitian ini disusun peneliti dengan mengacu berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Osborne dan Kenny (2005). Desain penelitian yang digunakan yaitu one pre-test post-test group design dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan skor performance anxiety yang signifikan pada subjek sebelum dan setelah diberikan perlakuan (t = 0,043, p < 0,05). Berdasarkan penjelasan tersebut, hal ini menunjukan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor performance anxiety antara setelah subjek diberikan pelatihan dengan sebelum diberikan pelatihan. Skor performance anxiety mengalami penurunan setelah diberikan pelatihan mindfulness.
Kata Kunci : Performance Anxiety, Pelatihan Mindfulness, Aktor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Performance Anxiety, Pelatihan Mindfulness, Aktor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Dec 2019 07:04
Last Modified: 11 Dec 2019 07:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7279

Actions (login required)

View Item
View Item