Nuryadi, Nuryadi (2019) Pendidikan Matematika Berbasis Etnomatematika Di Era 4.0. Seminar Nasional “Strategi & Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0.
artikel_nuryadi_semnas_2019.pdf
Download (7MB) | Preview
Abstract
Pendidikan matematika di era abad 21 dan di era Revolusi Industri 4.0
berorientasi pada mathematics literacy yaitu kamampuan individu dalam
mengidentifikasi dan memahami peran matematika dalam kehidupan, agar mampu
membuat keputusan dengan tepat dan memanfaatkan matematika dalam kehidupan
sebagai warga negara yang membangun, peduli, dan reflektif (OECD, 2003:19). National
Council of Teacher of Mathematics (NTCM) (2000: 11) menyatakan bahwa terdapat
enam prinsip matematika sekolah, yaitu (1) keadilan, (2) Kurikulum, (3) Mengajar, (4)
Pembelajaran, (5) Penilaian, dan (6) Teknologi. Terkait dengn teknologi, NCTM
menyatakan bahwa “technology is essential in teaching and learning mathematics, it
influences the mathematics that is taught and enhances student’s learning”. Posisi
teknologi dalam pembelajaran matematika sangat esensial karena mempengaruhi
matematika yang diajarkan dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Sehingga
pembelajaran matematika diharapkan lebih menekankan pada aspek keterampilan dan
pembentukan sikap (skill and attitude).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Biro Administrasi, Umum dan Keuangan UMBY |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 01:33 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 01:33 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7418 |