Yuliana, Rindi Astika (2020) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ISTI EKATANA UPAWEDA YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (263kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (81kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (446kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (380kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (156kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (185kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara efikasi diri dengan
motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa STIE IEU Yogyakarta; 2) hubungan antara
persepsi tentang kompetensi dosen dengan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa
STIE IEU Yogyakarta; 3) hubungan antara efikasi diri dan persepsi tentang kompetensi
dosen dengan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa STIE IEU Yogyakarta.
Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh atau sensus. Sampling jenuh adalah
teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, hal ini
sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil atau penelitian yang igin membuat
generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Dimana semua populasi dijadikan
sampel dengan jumlah sampel sebanyak 50 mahasiswa. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini dengan menggunakan metode skala. Analisis data menggunakan
korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan terdapat
hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar Bahasa
Inggris mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,665 (p<0,01), efikasi diri
mahasiswa dalam kategori sedang, artinya semakin tinggi efikasi diri mahasiswa, maka
motivasi belajar mahasiswa juga tinggi, sebaliknya semakin rendah efikasi diri
mahasiswa, maka semakin rendah motivasi belajar mahasiswa. Terdapat hubungan
positif antara persepsi tentang kompetensi dosen dengan motivasi belajar Bahasa Inggris
mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,484 (p<0,01), persepsi tentang
kompetensi dosen dalam kategori sedang, artinya semakin tinggi persepsi tentang
kompetensi dosen, maka motivasi belajar mahasiswa juga tinggi, sebaliknya semakin
rendah persepsi tentang kompetensi dosen, maka semakin rendah motivasi belajar
mahasiswa. Terdapat hubungan antara efikasi diri dan persepsi tentang kompetensi
Dosen secara simultan dengan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa, nilai r =
0,693 dengan R square (R2) sebesar 0,480 dan nilai F sebesar 21,661 (p<0,01).
Sumbangan efektif efikasi diri dan persepsi tentang kompetensi dosen dengan motivasi
belajar Bahasa Inggris sebesar 48%. Variabel lain sebesar 52% yang tidak dilibatkan
dalam penelitian ini antara lain faktor internal meliputi faktor fisiologis (keadaan tonus
jasmani, paancaindra), minat, intelegensi, memori, emosi dan faktor eksternal antara
lain faktor sosial (guru, teman-teman atau orang-orang di sekitar), dan faktor non sosial
(keadaan udara, suhu, cuaca; waktu (pagi, siang atau malam) tempat (letak dan
pergedungannya; alat-alat atau perlengkapan belajar).
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar Bahasa Inggris, efikasi diri, persepsi tentang kompetensi dosen. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | Magister Psikologi Profesi UMBY |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 01:33 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 01:33 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7602 |