Penyesuaian Diri Pada Guru Di SD Inklusi

Putri, Raden Rara Fitriana Nurbaiti (2020) Penyesuaian Diri Pada Guru Di SD Inklusi. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses penyesuaian diri yang telah dilakukan guru umum yang berperan sebagai guru ABK di SD Inklusi Kundur, Kepulauan Riau. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang dengan karakteristik guru ABK yang tidak berlatar belakang PLB, berperan sebagai guru ABK di SD Inklusi, Kepulauan Riau, dan mendidik ABK yang berada di sekolah tersebut, pernah mendapat pelatihan khusus tentang ABK, dan memiliki masa bakti minimal 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, ketiga partisipan menghadapi permasalahan internal maupun eksternal, melakukan usaha penyesuaian diri, memiliki faktor pendukung dan telah telah mencapai kondisi terbaik menurut mereka sendiri dengan melewati proses yang berbeda.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, guru umum, sekolah inklusi, ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Feb 2020 05:56
Last Modified: 25 Feb 2020 05:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item
View Item