Hubungan Antara Big Five Personality Dengan Kecenderungan Impulsive Buying Pada Wanita

Setyoningrum, Rima (2020) Hubungan Antara Big Five Personality Dengan Kecenderungan Impulsive Buying Pada Wanita. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (96kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara big five personality dengan impulsive buying pada wanita. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita dewasa yang merupakan konsumen parkson hartono mall berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-random sampling berupa purposive sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat ukur berupa Skala impulsive buying, Skala Big Five Personality. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda menggunakan program bantu SPSS 20 for windows. Berdasarkan analisis data antara variabel Openness to experience dengan impulsive buying diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar – 0.106 dan (p) sebesar 0.188 (p > 0.050), artinya menunjukkan tidak ada hubungan antara. Berdasarkan analisis Conscientiousness dengan Impulsive Buying diperoleh nilai koefisien sebesar - 0.056 dan (p) sebesar 0.321 (p > 0.050), artinya menunjukkan tidak ada hubungan. Analisis data Extraversion dengan impulsive buying diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0.750 dan (p) sebesar 0.000 (p < 0.050), Artinya menunjukkan ada hubungan positif. Berdasarkan analisis data Agreeableness dengan impulsive buying diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0.730 dan (p) sebesar 0.000 (p < 0.050), artinya menunjukkan ada hubungan positif antara Agreeableness dengan impulsive buying. Analisis data Neuroticism dengan impulsive buying diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0.721 dan (p) sebesar 0.000 (p < 0.050), artinya menunjukkan ada hubungan positif. Antara variabel big five personality dan impulsive buying diperoleh taraf signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.050), yang menunjukkan ada hubungan antara big five personality dengan impulsive buying pada wanita.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Big Five Personality, Impulsive Buying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:14
Last Modified: 29 Dec 2021 01:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item
View Item