Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Merek Pada Mahasiswa Pengguna Iphone Di Yogyakarta

Pujaanta, Arya Ana Mulya (2020) Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Merek Pada Mahasiswa Pengguna Iphone Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (27kB)

Abstract

Peran teknologi komunikasi saat ini menjadi sangat penting karena banyaknya tuntutan kebutuhan akan pertukaran informasi yang dilakukan oleh mahasiswa, perubahan perilaku ini kemudian ditangkap oleh perusahaan Apple dalam membuat smartphone yaitu Iphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada mahasiswa pengguna Iphone di Yogyakarta. Hipotesis yang di ajukan yaitu ada hubungan positif antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada mahasiswa pengguna Iphone di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Iphone. Subjek penelitian sebanyak 40 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling snowball dengan menghubungi subjek melalui sosial media dan penyebaran skala menggunakan google form. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Loyalitas Merek dan skala Kepuasan Konsumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = 0,895 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000 (p<0,01), yang artinya terdapat hubungan positif antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada mahasiswa pengguna Iphone di Yogyakarta. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini memperoleh koefisien determinansi (R2) sebesar 0,802 menunjukkan variabel loyalitas merek memiliki kontribusi sebesar 80,2% terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan sumbangan bagi ilmu Psikologi Industri dan Organisasi utamanya berkaitan tentang kepuasan konsumen dengan loyalitas merek.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: loyalitas merek, kepuasan konsumen, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:30
Last Modified: 31 Dec 2021 02:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item
View Item