Arifin, Deska Triani (2020) Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (28kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan kecanduan game online pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara adversity quotient dengan kecanduan game online pada remaja. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode Nonprobability Sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa Skala Adversity Quotient dan Kecanduan Game Online pada remaja . Metode analisis yang digunakan adalah Pearson Correlation. Hasil analisis diperoleh nilai korelasi sebesar r = -0.365 dan p = 0,000 (p < 0,01). Nilai koefisien determinasi (R squared) sebesar 0.133 yang berarti adversity quotient memberikan sumbangan efektif sebesar 13.3% terhadap kecanduan game online. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara adversity quotient dengan kecanduan game online pada remaja.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | kecanduan game online, adversity quotient, game online, remaja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 15 Jan 2022 06:05 |
Last Modified: | 15 Jan 2022 06:05 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8242 |