Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychologycal Well-Being Pada Guru SLB

Kumalasari, Ervina Ihsa (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychologycal Well-Being Pada Guru SLB. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan psychologycal well-being pada guru SLB. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan psychologycal well-being pada guru SLB. Subjek penelitian berjumlah 65 orang guru SLB berusia 30-60 tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala dukungan sosial Dan skala psychologycal well-being, metode yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil analisis data di peroleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,591 (p < 0.01). Hal ini menunjukkan, ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan psychologycal well-being pada guru SLB. Peran atau sumbangan efektif dukungan sosial dengan psychologycal well-being pada guru SLB sebesar 34,9 % yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (R2) senilai 0,349.

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Psychologycal Well-Being, Guru SLB.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:26
Last Modified: 03 Mar 2020 06:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8284

Actions (login required)

View Item
View Item