Atmoko, Aloysius Bayu (2020) Analisis Berpikir Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta Pada Materi Geometri Analitik. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.
ABSTRAK.pdf
Download (152kB) | Preview
Abstract
Abstrak: Berpikir matematis merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh calon guru. Hal ini dikarenakan berpikir matematis merupakan jalan untuk belajar matematika. Sehingga, sebagai calon guru matematika, baik itu guru di sekolah dasar, berpikir matematis merupakan bekal yang harus dimiliki supaya dapat fasilitator yang baik dalam proses belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengenalisis cara berpikir matematika mahasiswa pendidikan matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta Pada Materi Geometri Analiti. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan sampel mahasiswa atau calon guru pada program studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yoyakarta dengan teknik sampling purposive sampling instrumen yang digunakan untuk mengukur berfikir matematis adalah tes dan panduan wawancara yang di analisis secara deskriptif kuantitaif dan secara kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir matematika mahasiswa pendidikan matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada Materi Geometri Analitik secara umum sebagian besar responden penelitian memiliki kemempuan berfikir kritis dalam kategori sedang yaitu sebanyak 14 orang (51,9%), pada indikator 1 kategori tinggi (63%), indikator 2 kategori sedang (40,7%), indikator 3 kategori sedang yaitu sebanyak (48,1%) dan indikator 4 kategori sedang (48,1%)
Kata Kunci : Berpikir Matematika, Geometri Analitik dan Pendidikan Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 03:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 03:47 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8433 |