Hubungan Antara Kemampuan Problem Solving Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi

Budiarto, Kukuh (2020) Hubungan Antara Kemampuan Problem Solving Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan problem solving dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan yang positif antara kemampuan problem solving dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang memiliki karakterisitik mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi. Cara pengambilan subjek menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua skala yaitu Skala Resiliensi dan Skala Kemampuan Problem Solving. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,114 dengan p = 0,004 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan problem solving dengan resiliensi. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,114 variabel kemampuan problem solving menunjukan kontribusi 11,4% terhadap resiliensi dan sisanya 88,6% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu i have, i am, social competence, autonomy, dan a sense of purpose and bright future.

Kata kunci: kemampuan problem solving, resiliensi

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Mar 2020 01:44
Last Modified: 16 Mar 2020 01:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8564

Actions (login required)

View Item
View Item