Hubungan Antara Self Determination Dengan Work Engagement Pada Guru Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul

Gifaranti, Reviza Julia (2020) Hubungan Antara Self Determination Dengan Work Engagement Pada Guru Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah luar biasa merupakan satuan pendidikan yang ditujukan untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Menjadi guru sekolah luar biasa berarti harus mampu menekuni pekerjaan yang berbeda daripada mendidik siswa normal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara self determination dengan work engagement pada Guru SLB Negeri 1 Bantul. Hipotesis dalam penelitian adalah terdapat hubungan positif antara self determination dengan work engagement pada guru di SLB Negeri 1 Bantul. Subjek penelitian berjumlah 45 orang guru yang terdiri dari 12 laki-laki dan 33 perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Work Engagement dan Skala Self Determination. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson yang hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara self determination dan work engagement dengan koefisen korelasi (r) 0,797 (p < 0,05). Sumbangan efektif self determination terhadap work engagement sebesar 63,5% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (R squared ) senilai 0,635.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: self determination, work engagement, sekolah luar biasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:52
Last Modified: 04 Aug 2020 03:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8982

Actions (login required)

View Item
View Item