Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Nomophobia Pada Mahasiswa

Pamungkas, Agung Putro (2020) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Nomophobia Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi.docx] Text
Naskah Publikasi.docx

Download (48kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi pada masa kini ialah smartphone sudah seperti barang wajib untuk dibawa di manapun seseorang berada. Banyaknya manfaat yang didapat dari smartphone harus diseimbangkan dengan kemampuan menejemen diri yang baik, apabila hal tersebut diabaikan maka akan menimbulkan dampak negatif bagi mahasiswa seperti ketergantungan pada smartphone. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif antara intensitas bermain game online dengan nomophobia pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Cara pemilihan subjek dengan menggunakan metode purposive sampling dengan karakteristik seorang mahasiswa dan mempunyai aplikasi game online pada smartphonenya. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Intensitas Bermain Game Online dan Skala Nomophobia. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,442 dengan p = 0,000 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas bermain game online dengan nomophobia.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: intensitas, nomophobia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:08
Last Modified: 25 Jan 2022 09:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item
View Item