Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Self-Efyicasy Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Yogyakarta

Qurratu’ain, Iffah (2020) Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Self-Efyicasy Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi.docx] Text
Naskah Publikasi.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan self-efficacy akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara regulasi emosi dengan self-efficacy akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 81 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi dan skala self-efficacy akademik. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,306 dengan taraf signifikansi p = 0,003 (p<0,010). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dan terbukti bahwa ada hubungan positif antara regulasi emosi dengan self-efficacy akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Yogyakarta. Koefisien determinasi (R2) = 0,093 Maka sumbangan efektif regulasi emosi dengan self-efficacy akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi adalah sebesar 9,3% dan 90,7% Sisanya diperoleh dari faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Self-efficacy Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:05
Last Modified: 25 Jan 2022 08:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item
View Item