HUBUNGAN MINDFULNESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BEKERJA

Septia, Maurisa Ziniro (2020) HUBUNGAN MINDFULNESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BEKERJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 16081094_MAURISA ZINIRO SEPTIA_KELAS REGULER_SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
16081094_MAURISA ZINIRO SEPTIA_KELAS REGULER_SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik memiliki dampak negatif terhadap kinerja akademik, suasana hati dan koping mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dengan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif antara mindfulness dengan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja. Pengumpulan data penelitian menggunakan alat ukur berupa Skala Mindfulness dan Skala Stres Akademik dengan teknik. purposive sampling Metode analisis data yang digunakan adalah Product Moment Hasil analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar rxy = -0,580 dan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara mindfulness dengan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja. Semikin rendah mindfulness maka akan semakin tinggi stres akademik yang dialami oleh mahasiswa. Begitu juga sebaliknya, tinggi mindfulness maka akan semakin rendah stres akademik yang dialami oleh mahasiswa yang bekerja. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,337 yang berarti mindfulness memberikan sumbangan sebesar 33,7% untuk tidak muncul stres akademik pada mahasiswa yang bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3
Uncontrolled Keywords: mindfulness, stres akademik, mahasiswa yang bekerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:03
Last Modified: 31 Dec 2021 04:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item
View Item