Septia, Maurisa Ziniro (2020) Hubungan Mindfulness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-12.
16081094_MAURISA ZINIRO SEPTIA_KELAS REGULER_NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (41kB)
Abstract
Stres akademik memiliki dampak negatif terhadap kinerja akademik, suasana hati dan koping mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dengan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif antara mindfulness dengan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja. Pengumpulan data penelitian menggunakan alat ukur berupa Skala Mindfulness dan Skala Stres Akademik dengan teknik. purposive sampling Metode analisis data yang digunakan adalah Product Moment Hasil analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar rxy = -0,580 dan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara mindfulness dengan stres akademik pada mahasiswa yang bekerja. Semikin rendah mindfulness maka akan semakin tinggi stres akademik yang dialami oleh mahasiswa. Begitu juga sebaliknya, tinggi mindfulness maka akan semakin rendah stres akademik yang dialami oleh mahasiswa yang bekerja. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,337 yang berarti mindfulness memberikan sumbangan sebesar 33,7% untuk tidak muncul stres akademik pada mahasiswa yang bekerja.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | mindfulness, stres akademik, mahasiswa yang bekerja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 04:03 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 08:53 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9395 |