Pengaruh Menulis Ekspresif Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

il-Alamin, Nisa (2020) Pengaruh Menulis Ekspresif Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi (Nisa Il-Alamin_16081014).docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres antara kelompok yang diberikan intervensi menulis ekspresif dengan kelompok yang tidak diberikan intervensi menulis ekspresif pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebanyak 14 mahasiswa dengan tingkat stres sedang, tinggi dan sangat tinggi. Subjek terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing 7 subjek. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Stres yang disusun berdasarkan aspek stres menurut Hardjana (1994). Metode analisis yang digunakan adalah analisis independent sample t-test. Hasil posttest menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (t = -3,679 dengan p=0,003) dimana stres mahasiswa yang mendapat perlakuan menulis ekspresif (KE) lebih rendah dibanding yang tidak mendapat perlakuan (KK) dengan mean kelompok eksperimen = 58,14 dan mean kelompok kontrol = 99,43

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Stres, Menulis Ekspresif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:39
Last Modified: 05 Apr 2021 03:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item
View Item