PENGARUH PELATIHAN MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Il-Alamin, Nisa (2020) PENGARUH PELATIHAN MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I .pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMAPAT] Text (BAB EMAPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI full text - nisa il-alamin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres antara kelompok yang diberikan intervensi menulis ekspresif dengan kelompok yang tidak diberikan intervensi menulis ekspresif pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebanyak 14 mahasiswa dengan tingkat stres sedang, tinggi dan sangat tinggi. Subjek terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing 7 subjek. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Stres yang disusun berdasarkan aspek stres menurut Hardjana (1994). Metode analisis yang digunakan adalah analisis independent sample t-test. Hasil posttest menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (t = -3,679 dengan p=0,003) dimana stres mahasiswa yang mendapat perlakuan menulis ekspresif (KE) lebih rendah dibanding yang tidak mendapat perlakuan (KK) dengan mean kelompok eksperimen = 58,14 dan mean kelompok kontrol = 99,43

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Stres, Menulis Ekspresif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:39
Last Modified: 05 Apr 2021 03:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9493

Actions (login required)

View Item
View Item