Psychological Well Being Pada Guru Honorer Sekolah Dasar Di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta

Santoso, Wahyu Budi (2020) Psychological Well Being Pada Guru Honorer Sekolah Dasar Di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
14081281_WahyuBudiSantoso_R23_Naskah Publikasi.doc

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai psychological well being pada guru honorer sekolah dasar di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran kesejahteraan psikologis (psychology well-being) pada guru honorer di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dengan partisipan 2 orang.P emilihan partisipan dilakukan dengan purposive sampling.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Proses validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua partisipan menunjukkan keberfungsian psychological well being yang cukup baik dalam proses memenuhi kebutuhan hidup terutama di dunia pekerjaan. Dalam usahanya memenuhi kebutuhan hidup, keduanya merasakan beberapa pengalaman yang kurang lebih sama terkait permasalahan selama bekerja sebagai guru honorer. Permasalahannya antara lain, dari sisi ekonomi dan sosial. Sisi ekonomi yang disoroti adalah terkait kompensasi gaji, sedangkan dari sisi sosial, adanya senioritas dari rekan kerja dan stigma negatif yang didapatkan selama menyandang pekerja berstatus honorer cukup mengakibatkan munculnya rasa ketidakbahagiaan. Selain pengalaman yang tidak menyenangkan, kedua partisipan juga memiliki pengalaman yang menyenangkan dalam prosesnya berperan sebagai guru honorer. Pengalaman menyenangkan partisipan, berdampak positif terhadap hasil kinerja dan ketahanan para partisipan. Selain merasa senang dengan tugas yang dikerjakan, kecintaannya terhadap siswa, rasa kepemilikan terhadap siswa dan tugas yang diberikan menjadi bukti bahwa keduanya merasa senang dengan tugas yang sedang diemban. Dalam hal ini, kedua partisipan mampu menunjukkan kondisi psychological well-being yang baik maka fungsi psikologisnya berjalan dengan baik meski berada ditempat kerja atau dengan status kerja sebagai guru honorer.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: guru honorer, psychological well being, sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:55
Last Modified: 23 Mar 2021 02:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9727

Actions (login required)

View Item
View Item