Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sd

Utami, Meuthia Fitri (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sd. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 SDN Krasak 1 sebanyak 40 orang dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur dukungan sosial orangtua dan kemandirian belajar. Data dianalisis menggunakan perhitungan uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment pearson melalui SPSS 22 for windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi (rxy) = 0,402 dengan level signifikansi (p) = 0,010 (p < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Orangtua, Kemandirian Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:26
Last Modified: 23 Mar 2021 03:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9729

Actions (login required)

View Item
View Item