KOMPETENSI PROFESIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU PAUD NON FORMAL DI WILAYAH SEKTOR BARAT KABUPATEN SLEMAN

Firdaus, Wahyuthin Nafi'atul (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU PAUD NON FORMAL DI WILAYAH SEKTOR BARAT KABUPATEN SLEMAN. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of TESIS FULLTEXT.pdf] Text
TESIS FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi gaya
kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kompetensi profesional dan untuk
mengetahui perbedaan kompetensi profesional ditinjau dari kualifikasi akademik guru
PAUD non formal di wilayah sektor barat kabupaten Sleman. Hipotesis penelitian ini
adalah: 1) Ada hubungan positif antara persepsi gaya kepemimpinan demokratis
kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru PAUD. 2) Ada perbedaan
kompetensi profesional antara guru PAUD yang berkualifikasi akademik S1 PAUD /
Psikologi / PLS, baru menempuh S1 PAUD/ Psikologi / PLS, S1 non
PAUD/Psikologi/PLS dan SMA/SMK. Metode pengumpulan data menggunakan tes
pada pengukuran kompetensi profesional dan skala likert untuk persepsi gaya
kepemimpinan demokratis kepala sekolah. Subjek penelitian yang memenuhi kriteria
ada 85 orang, dengan kualifikasi akademik S1 PAUD/S1 Psikologi/PLS, baru
menempuh S1 PAUD/Psikologi/ PLS, S1 non PAUD/Psikologi/PSL, SMA/SMK.
Teknik analisis menggunakan product moment, indeks kesukaran aitem, indeks daya
beda, dan one way anova. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara
persepsi gaya kepemimpinan demokratis dengan kompetensi profesional besarnya
koefisien korelasi adalah 0,425 dan p sebesar 0,000. Persepsi gaya kepemimpinan
demokratis kepala sekolah memberikan sumbangan 18,1% terhadap kompetensi
profesional. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi profesional antara guru yang
berkualifikasi akademik S1 PAUD/Psikologi/PLS, baru menempuh S1
PAUD/Psikologi/PLS, S1 non PAUD dengan yang berkualifikasi SMA/SMK, dengan
F = 7.469, P = 0.000 (p < 0.05). Kompetensi profesional yang tertinggi adalah
kompetensi profesional guru PAUD berkualifikasi akademik S1
PAUD/Psikologi/PLS, sedangan yang paling rendah adalah kompetensi profesional
guru PAUD berkualifikasi akademik SMA/SMK.
Kata kunci : Kompetensi profesional, Gaya kepemimpinan demokratis, Kualifikasi
akademik

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina DS., M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 06 Nov 2017 10:08
Last Modified: 16 Aug 2022 06:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item
View Item