Pristiyaningsih, Dwi (2020) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) & PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (311kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (343kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (521kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (471kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (205kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (317kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguji efektifitas model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (2) Menguji manakah diantara model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Problem Based Learning (PBL) yang lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Uji efektifitas penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan uji Wilcoxon. Selain itu untuk melihat model pembelajaran mana yang lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa digunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih efektif dari pada model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Auditory Intellectualy Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL), pemahaman matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 02:44 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 02:44 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9787 |