Pristiyaningsih, Dwi (2020) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) & PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguji efektifitas model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (2) Menguji manakah diantara model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Problem Based Learning (PBL) yang lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Uji efektifitas penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan uji Wilcoxon. Selain itu untuk melihat model pembelajaran mana yang lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa digunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih efektif dari pada model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Dosen Pembimbing: Nuryadi, Nuryadi
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectualy Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL), pemahaman matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:44
Last Modified: 22 Mar 2021 02:44
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9787

Actions (login required)

View Item
View Item