PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MOODLE SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS X

Ambarsari, Dewi (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MOODLE SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis moodle sebagai pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X pada materi rasio trigonometri yang berkualitas dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu: (1) Studi Pendahuluan melalui studi lapangan dan studi pustaka, (2) Perencanaan Penelitian (3) Pengembangan Produk dan pada tahap ini melakukan tahapan validasi, (4) Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media, Penilaian oleh ahli materi diperoleh dengan rerata skor rerata skor 4,36 dengan kategori “Sangat Baik (SB)” dengan rerata skor rerata skor 4,1 dengan kategori “Baik (B)” sehingga media pembelajaran tersebut telah memenuhi aspek kevalidan, (4) Uji Coba terbatas, (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas yang melibatkan 6 siswa, (6) Uji Produk Secara Luas dilakukan kepada 30 siswa kelas X SMA Negeri 1 Jetis dan dengan rerata skor rerata skor 4,5 dengan kategori “Sangat Baik (SB)” dan telah memenuhi aspek kepraktisan, (7) Revisi Hasil Uji Lapangan Lebih Luas. Dari hasil pre-test dan post-test rerata skor pre-test sebesar 22,7 dan rerata skor post-test sebesar 74,8 dan hasil perhitungan dengan jumlah 0,71 dengan kategori “Tinggi” dan telah memenuhi aspek keefektifan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Moodle, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Apr 2021 01:44
Last Modified: 21 Apr 2021 01:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9803

Actions (login required)

View Item
View Item