Ambarsari, Dewi (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MOODLE SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (810kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (321kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (639kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (379kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (412kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis moodle sebagai pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X pada materi rasio trigonometri yang berkualitas dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu: (1) Studi Pendahuluan melalui studi lapangan dan studi pustaka, (2) Perencanaan Penelitian (3) Pengembangan Produk dan pada tahap ini melakukan tahapan validasi, (4) Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media, Penilaian oleh ahli materi diperoleh dengan rerata skor rerata skor 4,36 dengan kategori “Sangat Baik (SB)” dengan rerata skor rerata skor 4,1 dengan kategori “Baik (B)” sehingga media pembelajaran tersebut telah memenuhi aspek kevalidan, (4) Uji Coba terbatas, (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas yang melibatkan 6 siswa, (6) Uji Produk Secara Luas dilakukan kepada 30 siswa kelas X SMA Negeri 1 Jetis dan dengan rerata skor rerata skor 4,5 dengan kategori “Sangat Baik (SB)” dan telah memenuhi aspek kepraktisan, (7) Revisi Hasil Uji Lapangan Lebih Luas. Dari hasil pre-test dan post-test rerata skor pre-test sebesar 22,7 dan rerata skor post-test sebesar 74,8 dan hasil perhitungan dengan jumlah 0,71 dengan kategori “Tinggi” dan telah memenuhi aspek keefektifan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS), Moodle, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 01:44 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 01:44 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9803 |