Purnasantika, Nova (2020) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Literasi Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving. Naskah Publikasi Program Studi Matematika.
jurnal.docx
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika untuk
meningkatkan minat belajar siswa melalui literasi dengan menggunakan pendekatan
problem solving yang berkualitas baik dan layak, dengan kriteria kualitas yang
mengacu pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Namun terkendala
keadaan Covid-19 ini tidak memungkinkan peneliti hingga tahap efektif. Peneliti
menggunakan jenis penelitia (Research and Development) dengan model
pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika untuk meningkatkan
minat belajar siswa melalui literasi dengan menggunakan pendekatan problem solving
melalui hasil validasi dari ahli materi dan pembelajaran dengan skor 57 dikategorikan
baik pada skala 47,58 < 57 ≤ 58,74 serta ahli perangkat bahan ajar dengan skor 57
dikategorikan baik pada skala 47,58 < 57 ≤ 58,74. Hasil kepraktisan melalui skala
kecil dengan skor 63 dikategorikan sangat baik pada skala 63 > 63 dan skala besar
dengan skor 64,37 dikategorikan sangat baik pada skala 64,37 > 63.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, literasi, problem solving |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 03:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 03:17 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9833 |