PENGARUH MEMBACAKAN NYARING BUKU CERITA SASTRA ANAK OLEH GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT MEMBACA PADA ANAK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Sari, Siska Permata (2020) PENGARUH MEMBACAKAN NYARING BUKU CERITA SASTRA ANAK OLEH GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT MEMBACA PADA ANAK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Membaca adalah suatu kemampuan yang paling dibutuhkan oleh siswa dalam memperoleh pengetahuan. Namun, kegiatan membaca sering diasosiasikan sebagai kegiatan yang membosankan oleh siswa. Membuat siswa berminat pada kegiatan membaca membutuhkan suatu aktivitas yang menyenangkan yang berkaitan dengan membaca, salah satunya membacakan buku secara nyaring (read aloud) kepada siswa. Kegiatan membacakan nyaring mampu menambahkan kosa kata baru, mendekatkan interaksi siswa dengan guru dan yang utama adalah meningkatkan minat siswa terhadap kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembacaan nyaring buku cerita sastra anak oleh guru untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas 3 SD. Subjek penelitian adalah siswa yang kurang berminat terhadap kegiatan membaca. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Minat Membaca yang disusun oleh peneliti. Teknik analisis yang digunakan adalah uji analisis Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis menunjukan nilai Z= -2, 175 dengan p= 0,031 (p <0,05). Berarti hipotesis diterima yaitu terdapat perbedaan minat membaca pada siswa sebelum dan setelah dibacakan nyaring buku cerita sastra anak oleh guru. Minat membaca siswa sebelum diberikan perlakuan lebih rendah (mean= 10,56) daripada minat membaca siswa setelah dibacakan nyaring buku cerita sastra anak oleh guru (mean=12,67). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat minat membaca siswa sebelum dan sesudah pembacaan nyaring buku cerita sastra anak oleh guru dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: membaca nyaring, minat membaca, siswa SD, guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:33
Last Modified: 27 Dec 2021 01:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9944

Actions (login required)

View Item
View Item