Ain, Syafira Qadatur (2022) FANS K-POP DAN PERSEPSI BUDAYA KOREA (STUDI DESKRIPTIF KULALITATIF TENTANG PERSEPSI BUDAYA KOREA PADA KOMUNITAS ARMY DAN EXO-L DI PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
2. BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
6. BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_Syafira Qadatur_18071250.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, perubahan budaya juga semakin kompleks. Budaya kini sepenuhnya berkaitan dengan ekonomi politik dan produksi budaya oleh kapitalitas. Salah satu perkembangan budaya yaitu Budaya Populer Korea atau yang biasa dikenal dengan Korean Wave. Korean wave termasuk budaya yang saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Berdasarkan fenomena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengertahui sejauh apa persepsi masyarakat terhadap budaya Korea.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana di dukung oleh sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada empat narasumber dan disertai dokumentasi dari berbagai sumber terkait K-pop. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari budaya Korea ini menimbulkan dampak bagi penggermar BTS dan EXO. Karakteristik budaya populer yang sesuai dengan penelitian ini yaitu pada popularitas dan budaya hiburan. Dimana karakteristik ini menjelaskan sangat berpengearuhnya perkembangan budaya popular Korea di kalangan masyarakat.
Implikasi hasil dari penelitian ini yakni perkembangan ilmu social dan budaya tentang budaya popular yang masuk serta berkembang begitu pesat perlu adanya pertimbangan terhadap setiap apa saja yang mereka lihat dan ikuti untuk menghindari agar dampak negative yang terdapat pada berkembangnya budaya popular Korea ini.

Dosen Pembimbing: Narwaya, Tri Guntur
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer K-Pop, Fans, Persepsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2025 05:33
Last Modified: 03 Jan 2025 05:33
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17856

Actions (login required)

View Item
View Item