Aeni, Noor (2014) USING ENGLISH MOVIES TO ENHANCE GRADE XI STUDENTS’ SPEAKING SKILL (A Classroom Action Research Conducted in SMAN 1 Seyegan, Sleman). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak_2014_Noor Aeni_10131027_FKIP Pend. Bahasa Inggris.docx
Skripsi_2014_Noor Aeni_10131027_FKIP Pend. Bahasa Inggris.pdf
Restricted to Registered users only
Abstract
Berbicara merupakan salah satu dari banyak cara untuk berkomunikasi dengan 
satu sama lain. Dengan memiliki kemampuan berbicara yang baik, siswa akan 
mampu menyampaikan opininya dengan baik pula. Itulah mengapa kemampuan 
berbicara merupakan kemampuan yang penting bagi siswa untuk dikuasai. Sayangnya 
kemampuan berbicara siswa cenderung rendah. Hal ini terjadi pada siswa kelas XI 
IPA 3 di SMAN 1 Seyegan. Penggunaan media pembelajaran yang tidak menarik 
menjadi salah satu alas an penyebabnya. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal: (1) ketertarikan siswa 
dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan media film, (2) hasil peningkatan 
kemampuan berbicara siswa dalam pengimplemantasian siklus. Penelitian ini 
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan McTaggart 
(2000) dengan melaksanakan dua siklus. Penelitian ini melibatkan 31 siswa kelas XI 
IPA 3 sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri dari satu kali pre-tes, tindakan 
kelas, dan dua kali pos-tes. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film berbahasa Inggris dapat 
membuat siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan 
dengan siswa yang menjadi lebih aktif berbicara dalam bahasa Inggris dan tidak 
merasa malu atau enggan untuk mengungkapkan pendapatnya. Hasil penelitian yang 
lain menunjukkan bahwa nilai rata-rata berbicara siswa secara berangsur-angsur 
meningkat dari 65.74 pada pre-tes menjadi 65.74 dan 74.78 pada pos-tes pertama dan 
kedua. Dapat disimpulkan bahwa film berbahasa Inggris dapat dijadikan media 
pembelajaran alternatif untuk mengajarkan skil berbicara. Maka dari itu, guru bahasa 
Inggris direkomendasikan untuk menggunakan film berbahasa Inggris untuk 
mengoptimalkan hasil pembelajaran pada skil berbicara. Namun tidak menutup 
kemungkinan dapat digunakan pada skil-skil bahasa Inggris lainnya.
| Dosen Pembimbing: | Arini, Restu | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: film berbahasa Inggris, meningkat, penelitian tindakan kelas, skill berbicara | 
| Subjects: | P Language and Literature > PE English | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris | 
| Depositing User: | Perpustakaan UMBY | 
| Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:55 | 
| Last Modified: | 11 Nov 2024 03:55 | 
| URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21007 | 
