Fadli, Moh. (2024) STUDI DESKRIPTIF FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND PADA MAHASISWA SULAWESI TENGAH DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL TEXT VERSION.pdf
Restricted to Registered users only

Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggambarkan fenomena
kecanduan game online Mobile Legends di kalangan mahasiswa asal Sulawesi
Tengah yang berkuliah di Yogyakarta. Menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara, observasi, dan
dokumentasi terhadap sejumlah mahasiswa yang secara aktif bermain Mobile
Legends. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan terhadap game ini
memengaruhi aspek waktu, emosi, dan pemikiran para mahasiswa, serta kerap
mengganggu tanggung jawab akademis dan kehidupan sosial mereka. Mahasiswa
yang kecanduan memperlihatkan perilaku bermain berlebihan, diikuti perasaan
frustrasi, dominasi pikiran oleh game, serta penarikan diri dari kegiatan sosial.
Kecanduan ini berdampak pada kesehatan fisik, mental, dan interaksi sosial mereka,
sehingga pentingnya peningkatan kesadaran dan intervensi dalam mengelola waktu
serta emosi terkait aktivitas bermain game online menjadi kebutuhan.

Dosen Pembimbing: Nastain, M.
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Motivasi, Insentif, Kinerja Driver
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:17
Last Modified: 16 Apr 2025 07:17
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item
View Item