Azzahra, Aulia Rizkyka (2025) ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN TRANSAKSI DIGITAL PADA BNI UGM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK INDO - ING.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL TEXT VERSION.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Jurnal Publikasi.pdf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis customer relationship manajemen dalam
meningkatkan kesadaran transaksi digital pada BNI UGM. Metode penelitan menggunakan
metode kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawacara semi terstruktur dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan teknik reduksi
data, penyajian data verifikasi. Teori yang dijadikan sebagai dasar adalah teori customer
relationship manajemen Rufman Iman Akbar dengan tiga indikator utama manajemen
(manajement), hubungan ( relationship ), dan pelanggan ( customer). Adapun hasil dari
penelitian adalah Manajemen dalam customer relationship management di Bank BNI
UGM berfokus pada pengelolaan data data nasabah yang sistematis dan terintegrasi,
Hubungan dalam customer relationship management di Bank BNI UGM berfokus
pada pengembangan interaksi positif dengan nasabah melalui pendekatan berbasis
data dan segmentasi perilaku, Bank BNI UGM berhasil meningkatkan transaksi
digital melalui strategi CRM berbasis data dan segmentasi pelanggan yang tepat.
Dengan pendekatan personalisasi layanan, edukasi multichannel, dan penguatan
keamanan digital, bank mampu membangun pengalaman nasabah yang relevan dan
aman, sehingga mendorong adopsi layanan digital serta memperkuat loyalitas
nasabah jangka panjang.

Dosen Pembimbing: Nurdiati, Rosalia Prismarini
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: customer relationship manajemen, transaski digital, Bank BNI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:17
Last Modified: 11 Nov 2025 04:17
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23688

Actions (login required)

View Item
View Item