Anggraeni, Tiffannie Mellda (2025) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
Abstrak B.indo & English.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Full text Version.pdf
Restricted to Registered users only

Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Text (SURAT PERYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan
resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini
mengajukan hipotesis yaitu ada hubungan yang positif antara dukungan sosial
dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek pada
penelitian ini yaitu 100 Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Skala
Dukungan sosial dan skala Resiliensi Teknik analisis data yang digunakan yaitu
menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh
koefisien korelasi (rxy) = 0,913 dengan p= 0,000 (p < 0,050) yang menunjukkan
bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu ada hubungan
positif antara dukungan sosial dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang
mengerjakan skripsi. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,833 yang menunjukan
bahwa dukugab sosial berkontribusi terhadap resiliensi dan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain.

Dosen Pembimbing: Malinda, Fatimah
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, resiliensi, mahasiswa, skripsi, ketahanan psikologis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:18
Last Modified: 13 Nov 2025 07:18
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/24102

Actions (login required)

View Item
View Item