Lenas, Muhammad Alief Putera (2025) PENGARUH SERVICE QUALITY, FACILITY, DAN PROMOTION TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA HOTEL YELLOW STAR GEJAYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Alief Putera.pdf
Bab 1.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
NASKAH JURNAL.pdf
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only
Request a copy
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only
Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Service Quality,
Facility, dan Promotion terhadap Customer Satisfaction pada Hotel Yellow Star
Gejayan Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh peningkatan dari
sektor pariwisata atau pengunjung di wilayah Yogyakarta, sehingga dalam hal ini
diharapkan industri perhotelan dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian
sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung pada Hotel Yellow Star
Gejayan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
skala Likert, dan analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, regresi
linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu
Service Quality, Facility, dan Promotion, berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Customer Satisfaction. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik
kualitas pelayanan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Serta
semakin besar kepuasan pelanggan, maka semakin meningkat penjualan jasa pada
industri perhotelan terutama pada Hotel Yellow Star Gejayan Yogyakarta.
Implikasi dari penelitian ini memberikan masukan bagi pihak manajemen
Hotel Yellow Star Gejayan Yogyakarta, untuk terus mengembangkan kualitas
pelayanan, meningkatkan fasilitas perhotelan, serta meningkatkan promosi guna
meningkatkan penjualan layanan jasa perhotelan
| Dosen Pembimbing: | Widarta, Widarta |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
| Uncontrolled Keywords: | service quality ; facility ; promotion ; customer satisfaction |
| Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
| Depositing User: | Managemen UMBY |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:40 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:46 |
| URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/24610 |
