Lenas, Muhammad Alief Putera (2025) PENGARUH SERVICE QUALITY, FACILITY, DAN PROMOTION TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA HOTEL YELLOW STAR GEJAYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
Alief Putera.pdf

Text (BAB SATU)
Bab 1.pdf

Text (BAB LIMA)
Bab 5.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH JURNAL.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Service Quality,
Facility, dan Promotion terhadap Customer Satisfaction pada Hotel Yellow Star
Gejayan Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh peningkatan dari
sektor pariwisata atau pengunjung di wilayah Yogyakarta, sehingga dalam hal ini
diharapkan industri perhotelan dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian
sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung pada Hotel Yellow Star
Gejayan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
skala Likert, dan analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, regresi
linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu
Service Quality, Facility, dan Promotion, berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Customer Satisfaction. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik
kualitas pelayanan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Serta
semakin besar kepuasan pelanggan, maka semakin meningkat penjualan jasa pada
industri perhotelan terutama pada Hotel Yellow Star Gejayan Yogyakarta.
Implikasi dari penelitian ini memberikan masukan bagi pihak manajemen
Hotel Yellow Star Gejayan Yogyakarta, untuk terus mengembangkan kualitas
pelayanan, meningkatkan fasilitas perhotelan, serta meningkatkan promosi guna
meningkatkan penjualan layanan jasa perhotelan

Dosen Pembimbing: Widarta, Widarta
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: service quality ; facility ; promotion ; customer satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:40
Last Modified: 15 Dec 2025 01:46
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/24610

Actions (login required)

View Item
View Item