Pengaruh Pestisida Nabati Daun Jeruk Purut Terhadap Pengendalian Hama Callosobruchus Chinensis L. Dan Mutu Benih Kacang Hijau

Nurhidayah, Siti (2021) Pengaruh Pestisida Nabati Daun Jeruk Purut Terhadap Pengendalian Hama Callosobruchus Chinensis L. Dan Mutu Benih Kacang Hijau. Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah publikasi.docx

Download (50kB)

Abstract

Salah satu jenis serangga hama pasca panen yang sering menyerang biji kacang hijau dalam penyimpanan adalah Callosobruchus chinensis L. Pengendalian yang banyak dilakukan saat ini dengan menggunakan pestisida kimia sintetik, maka diperlukan suatu alternatif pengendalian yang lebih ramah lingkungan yaitu dengan pestisida nabati daun jeruk purut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pestisida nabati daun jeruk purut terhadap pengendalian hama C. chinensis L. dan mutu benih kacang hijau. Penelitian ini telah dilakukan dari Oktober 2020 sampai Februari 2021, di Laboratorium Agronomi, Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan faktor tunggal yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL), terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan sehingga terdapat 20 unit percobaan. Perlakuan dalam penelitian ini merupakan kombinasi dari bentuk formulasi dan takaran pestisida nabati daun jeruk purut yang terdiri dari serbuk 30 gram, serbuk 40 gram, ekstrak 20%, ekstrak 30%, dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pestisida nabati daun jeruk purut dapat mengendalikan hama C. chinensis L dan mempertahankan mutu benih kacang hijau tetap baik selama 4 bulan penyimpanan, dan aplikasi yang terbaik dengan ekstrak daun jeruk purut konsentrasi 30%.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kacang hijau, Callosobruchus chinensis L, daun jeruk purut
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:59
Last Modified: 14 Jan 2022 03:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item
View Item