Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Autisme Pada Anak

Okta, Sri (2021) Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Autisme Pada Anak. Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Autisme Pada Anak. pp. 1-11.

[thumbnail of NASKAH JURNAL] Text (NASKAH JURNAL)
NASKAH JURNAL.docx

Download (550kB)

Abstract

Autisme ialah gangguan pada pertumbuhan yang menyebabkan hambatan dalam bersosialisasi, komunikasi, serta juga sikap. Masalah ini biasanya memperlihatkan indikasi saat sebelum anak berumur sekitar 3 tahun. Oleh karena itu indikasi autisme sering kali tidak dapat dikenali secara tepat dikarenakan minimnya tenaga ahli yang bisa memberikan informasi mengenai autisme. Pengenalan secara visual memiliki kekurangan yaitu sulit membedakan apakah benar anak tersebut terindikasi autism atau tidak, sehingga berdampak pada kurang akurat informasi tersebut. Dalam penelitian ini, dibuat suatu sistem yang dapat mendiagnosa penyakit autisme pada anak menggunakan metode dempster shafer menggunakan model perancangan prototyping. Proses pengujian ini dilaksanakan dengan menguji tingkat kebenaran sistem dalam penentuan kesimpulan sesuai dengan nilai bobot dan aturan yang telah ada sebelumnya. Pengujian dilakukan menggunakan 23 data yang sudah diujikan terhadap ahli dan sistem, untuk anak yang cocok dengan validasi ahli dan sistem ialah 21 anak serta yang tidak cocok yaitu 2 anak. Sehingga untuk tingkatan kesesuaian menurut hasil validasi ahli( dokter) dan sistem, diperoleh dengan persentase sebesar 91. 30%.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Autisme, Sistem Pakar, Dempster Shafer.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sistem Informasi UMBY
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:48
Last Modified: 18 Jan 2022 07:10
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item
View Item