Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Daun Cincau Hijau (Cyclea Barbata L Miers) Dan Penambahan Gelatin Terhadap Uji Tingkat Kesukaan Dan Aktivitas Antioksidan Permen Jelly

Fajri, Irfan (2021) Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Daun Cincau Hijau (Cyclea Barbata L Miers) Dan Penambahan Gelatin Terhadap Uji Tingkat Kesukaan Dan Aktivitas Antioksidan Permen Jelly. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (47kB)

Abstract

Permen jelly merupakan salah satu produk pangan yang disukai semua orang dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Permen jelly pada umumnya dibuat dari bahan dasar agar-agar dengan penambahan gelatin sebagai pengenyal. Cincau hijau mengandung senyawa antioksidan alami yang berkhasiat sebagai obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh permen jelly dengan penambahan ekstrak daun cincau dan gelatin yang memiliki aktivitas antioksidan dan disukai panelis. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi penambahan ekstrak daun cincau hijau 20%, 30% dan 40%. Faktor yang kedua adalah konsentrasi gelatin 5%, 10% dan 15%. Sifat-sifat yang dianalisis adalah tingkat kesukaan panelis pada semua perlakuan dan kadar air, kadar abu dan aktivitas antioksidan pada perlakuan terbaik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan ekstrak daun cincau hijau ke dalam permen jelly memberikan pengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, kenampakan, tekstur dan penerimaan secara keseluruhan. Permen jelly dengan penambahan konsentrasi daun cincau hijau 40% dan konsentrasi gelatin 10% paling disukai oleh panelis dan memiliki kadar air 24,4 %bb kadar abu 0,75 %bb dan kadar aktivitas antioksidan 38,4 %RSA.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: permen jelly , cincau hijau, antioksidan, gelatin
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:54
Last Modified: 07 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item